Thursday 21 May 2015

Wow..Bali Bakal Miliki Bandara Mengapung di Laut

foto: hariankota.com
SATUBALI - Investor asal Kanada tertarik membangun bandara tengah laut di Kabupaten Buleleng, Bali yang akan membutuhkan lahan mencapai 1400 hektar lebih.

Made Mangku selaku perwakilan investor mengungkapkan, dengan potensi yang dimiliki dan daya dukung di Bali, wacana pembangunan bandara apung di tengah laut, sangat layak dibangun di Pulau Seribu Pura.

"Kalau semua mendukung, satu tahun dari sekarang bandara terapung di tengah laut sudah bisa dibangun," sebut Made Mangku saat dihubungi lewat telefon.

Lokasi yang dianggap tepat direncanakan di kawasan Bali bagian timur yang telah dilirik oleh
Perusahaan Arca asal Kanada.

Nantinya, jarak dari pinggir pantai menuju bandara sekira satu kilometer.

Bandara itu bakal dibangun dalam tiga tahap, pertama membutuhkan lahan 300 hektar untuk direklamasi guna pembangunan landasan pacu.

Selanjutnya, tahap kedua dibutuhkan lahan seluas 900 hektar guna pembangunan dua line landasan pacu. Untuk tahap ketiga, lahan seluas 200 hektar untuk airport.

"Total yang akan direklamasi 1.400 hektar yang kesemuanya untuk landasan pacu dan airport city," sambungnya.

Sedangkan pembangunan di darat, setidaknya membutuhkan sekira 100 hektar untuk airport city.
Untuk itu, pembangunan airport city, setidaknya bakal butuh pembebasan lahan lahan produktif.

Disinggung soal investasi pembangunan bandara super canggih itu, Mangku menyebut pada pembangunan tahap awal setidaknya disiapkan Rp30 triliun.

Nantinya, perusahaaan akan memiliki hak pengelolaan bandara baru, selama 50 tahun dan bisa diperpanjang untuk 50 tahun kemudian.(SATUBALI)



sumber: hariankota.com

No comments:

Post a Comment